9 Fungsi NFC yang Banyak Orang Belum Tahu


9 Fungsi NFC yang Banyak Orang Belum Tahu



NFC atau yang singkatan dari Near-field Communication merupakan fitur yang sudah mulai menjadi standar di kebanyakan smartphone saat ini, terutama produk flagship. Fitur tersebut menyimpan cukup banyak manfaat.

Salah satu fungsinya adalah untuk menghubungkan smartphone ke perangkat lainnya, yang juga telah mengemban NFC. Selain itu, perangkat yang telah memiliki fitur tersebut juga mampu melakukan berbagai tugas yang tidak dapat dilakukan oleh perangkat yang belum mengemban NFC. Salah satu buktinya adalah NFC tag.

NFC tag sendiri merupakan jalur penghubung yang dibutuhkan oleh mereka yang hendak menggunakan fitur NFC. Program di dalam NFC tag memungkinkan kamu untuk melakukan beberapa perintag kepada smartphone secara otomatis. Kasarnya, kamu dapat mengendalikan smartphone atau perangkat ber-NFC lainnya tanpa harus bersentuhan langsung.

Cara menghubungkan perangkat ber-NFC juga sangat mudah. Kamu cukup menempelkan bagian yang bertanda NFC ke bagian perangkat lainnya. Tidak perlu sinkronisasi, koneksi akan langsung tercipta dalam sekejap mata. Lalu, fungsi lain dari NFC apa saja sih? Berikut jawabannya.

1. Berbagi File dan Foto
Biasanya untuk berbagi file dari sebuah perangkat Anda menggunakan teknologi Bluetooth. Selain itu, Anda juga menggunakan USB untuk memindahkan sebuah file dari smartphone ke PC. Tetapi dengan NFC ini Anda bisa melakukan pairing antar perangkat dan setelah itu memanggil atau mengambil file yang Anda inginkan langsung dari perangkat yang Anda inginkan. Selain smartphone, beberapa laptop atau notebook sudah mulai menggunakan NFC. Contohnya HP Envy 14 Spectre dan Sony Vaio Tap sudah mulai memasangkan teknologi ini.



2. Mengatur Kendali Mobil
Pada pameran Consumer Electronic Show (CES) 2016, diperlihatkan sebuah mobil Porsche Carrera yang menggunakan teknologi NFC. Dengan teknologi ini, Anda dapat mengontrol beragam aktivitas yang berkaitan dengan mobil tersebut. Di antaranya mengunci dan membuka mobil Anda. Selain itu, ada teknologi push GPS antar perangkat, jadi Anda dengan mudah bisa memberikan informasi GPS yang ada di dalam smartphone ke dalam mobil.

                                                                                                           
3. Melakukan Pembayaran
Jika biasanya Anda menarik uang melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), Anda harus memasukkan sebuah kartu ATM, sekarang tidak lagi. Dengan teknologi NFC yang ada di smartphone, Anda bisa melakukan penarikan uang dari ATM dengan mudah. Caranya, tinggal dekatkan smartphone dengan mesin ATM. Setelah itu, ATM dan smartphone akan melakukan pairing. Dan transaksi pun bisa dilakukan.


4. Melakukan Cek In Hotel atau Tiket Pesawat
Hal yang sangat berguna lainnya dari teknologi NFC ini, Anda bisa melakukan verifikasi tanpa terlalu lama mengantri. Sebab, NFC bisa melakukan verifikasi cek in baik di hotel atau pun di airport dan tempat-tempat lainnya. Jadi, kini Anda tidak perlu lagi repot-repot melakukan verifikasi yang panjang.


5. Menjadikan Smartphone Sebagai Remote TV
Selain mengontrol mobil, NFC pada smartphone juga bisa difungsikan sebagai remote bagi smart TV.
Samsung dan LG sudah memamerkan bagaimana cara mengontrol produk smart TV buatan mereka menggunakan smartphone. Sepertinya dengan alih fungsi ini akan menjadi fitur menarik dari kegunaan teknologi NFC sekarang dan masa datang.


6. Menjalankan Tugas Tertentu
NFC tag dapat diprogram untuk menjalankan pekerjaan yang rumit, contohnya jika ingin mengirim pesan 'Selamat Pagi' untuk teman-teman. Tidak perlu mengetik pesan tersebut secara manual, tinggal memprogram sebuah tag dan pengguna dapat langsung mengirimkan pesan tersebut hanya dengan men-tap ponsel pada tag tersebut.


7. Membuka Aplikasi Secara Otomatis
Misalnya membuka aplikasi resep hanya dengan men-tapponsel dengan NFC tag yang terpasang di dinding dapur, menyalakan music player hanya dengan menyentuhkan ponsel dengan NFC tag yang berada di samping tempat tidur, atau menyalakan lampu hanya dengan men-tap NFC tag yang terdapat di pintu. Bahkan untuk menelepon kekasih kita hanya dengan men-tap NFC tag yang ditempelkan pada foto kekasih yang terpajang di meja kerja.


8. Memberitahu Posisi Suatu Tempat
Pengguna dapat check-in dengan LBS (Location Based Service) hanya dengan men-tap NFC tag yang telah disisipkan di toko. Dalam lingkup bisnis, pengguna dapat menggunakan NFC untuk memindai tag yang memberikan informasi peta lokasi toko tersebut.


9. Pembayaran di Transportasi Umum
Semua perangkat smartphone akan memiliki kemampuan NFC. Dengan NFC diharapkan kita bisa menggantikan kartu transportasi publik (Busway) dan tetap bisa berbelanja meskipun ketinggalan dompet seperti yang dilakukan di Eropa. Dengan smartphone yang memiliki NFC kita dapat membeli tiket bioskop dengan lebih efisien, seperti yang dilakukan di India atau sekedar bermain kartu dengan teman terdekat. Dunia akan berada dalam genggaman kita secara harfiah.





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »