PENERAPAN AUGMENTED REALITY (AR) DALAM BERBAGAI BIDANG


PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM BERBAGAI BIDANG

Augmented Reality

Augmented Reality (AR) adalah sebuah penampakan/penglihatan akan dunia nyata secara real-time yang dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung, yang elemen-elemen dari dunia nyata tersebut di-augmented (ditambahkan) oleh komputer sehingga memperkaya elemen-elemen dari pada dunia nyata tersebut.  Augmented Reality berbeda dengan Virtual Reality, dimana virtual reality menggantikan dunia nyata dengan dunia simulasi, akan tetapi AR bekerja secara real-time, yang hanya berada dengan benda nyata secara simultan. Dengan kemajuan pada bidang Augmented Reality, informasi-informasi yang ada di dunia nyata dapat menjadi interaktif dan dimanipulasi secara digital, karena informasi yang dibuat oleh komputer dapat ditampilkan atau dimasukkan pada objek-objek dunia nyata. Saat ini, Augmented Reality diterapkan dalam berbagai bidang, terutama pada bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang industri, bidang militer, bidang, navigasi, bidang hiburan. Augmented Reality dapat digunakan pada berbagai perangkat, termasuk diantaranya smartphones dan tablets, yang memiliki ratusan aplikasi AR.


Cara kerja Augmented Reality  berdasarkan deteksi citra digunakan yaitu marker. Kamera yang telah dikalibrasi akan mendeteksi marker yang diberikan, kemudian setelah mengenali dan menandai pola marker, kamera akan melakukan perhitungan apakah marker sesuai dengan database yang dimiliki. Bila tidak, maka informasi marker tidak akan diolah, tetapi bila sesuai maka informasi marker akan digunakan untuk me-render dan menampilkan objek 3D atau animasi yang telah dibuat sebelumnya.

Berikut contoh kegunaan Augmented Reality (AR) dalam berbagai bidang :

1. Bidang Pendidikan
Dengan penggabungan konsep dunia nyata dan dunia maya, seorang guru yang menggunakan software berbasis AR akan dengan mudah menjelaskan suatu objek 3D dalam pembelajaran secara mudah dan fun kepada siswanya. Misalkan dalam pembelajaran “Planet dan Galaksi”, Guru dengan mudahnya menampilkan visual beberapa planet, ukurannya dan pergerakannya terhadap matahari.

Augmented Reality Bidang Pendidikan


2Bidang Kesehatan
Dengan AR dalam bidang kesehatan memudahkan dokter dan perawat berlatih dan mempelajari anatomi tubuh manusia tidak menggunakan boneka. Sekarang dosen di Sheffield Hallam University membuat boneka ini lebih realistis dengan melapiskan video dari pasien (diperankan oleh aktor) di atas dummy. Dengan memegang komputer tablet lebih manekin, peserta pelatihan akan mengaktifkan video dari 'pasien' berbicara.

Para peneliti di Universitas Purdue dan Indiana University School of Medicine di AS telah mengembangkan sistem untuk Telementoring dengan Augmented Reality (STAR), sebuah cara baru yang memungkinkan ahli bedah spesialis jarak jauh memberikan petunjuk medis untuk dokter yang melakukan operasi. Sebelumnya 'telementoring' perangkat yang dibutuhkan ahli bedah untuk melihat jauh dari pasien ke layar, terpisah untuk instruksi dari 'mentor' mereka.

Dengan sistem baru, layar transparan ditempatkan di depan meja operasi, sementara dari suatu tempat, mentor menarik garis ke layar, yang menunjukkan keberadaan sayatan harus dibuat. Dalam perkembangan yang sama dari University of Alabama, mentor dapat memperindah proyeksi tangan bedah mereka, sehingga mereka dapat meniru gerakan ahli.

Augmented Reality Bidang Kesehatan


3. Bidang Industri
Dalam bidang pemasaran perusahaan sering menggunakan beberapa cara untuk mengiklankan produknya, pemasaran dengan menggunakan augmented reality salah satunya yaitu memunculkan gambar 3D suatu produk, media yang digunakan bisa berupa brosur yang diberi marker untuk memunculkan gambaran 3D pada brosur. Dengan begitu pembeli atau pelanggan bisa melihat secara detail produk yang dijual perusahaan tersebut.

Augmented Reality Bidang Industri


4. Bidang Militer
AR ini sangat berguna untuk menghemat pengeluaran mereka. Bayangkan apabila mereka harus melatih para tentara mereka di medan perang yang asli. Untuk mengirim satu peleton saja, mereka harus mengeluarkan uang yang sangat besar, belum lagi apabila pada saat pelatihan, salah satu prajurit mengalami sakit, atau kecelakaan.

Sebagai contoh, militer menggunakan augmented reality untuk membuat sebuah permainan perang, dimana prajurit akan masuk kedalam dunia game tersebut, dan seolah-olah seperti melakukan perang sesungguhnya.

Augmented Reality Bidang Militer


5. Bidang Hiburan
Siapa sih yang belum pernah mendengar permainan bernama Pokémon Go? Permainan yang dikeluarkan oleh Niantic dimana kita harus menangkap monster-monster lucu yang tersebar di penjuru kota tengah mendapatkan perhatian dari pengguna smartphone di seluruh dunia. Permainan ini memang tidak seperti permainan smartphone kebanyakan. Jika permainan lain dapat dimainkan sambil duduk atau berbaring, maka Pokémon Go memaksa pemainnya untuk berjalan ke titik-titik tertentu agar dapat menemukan Pokémon. Pokémon Go menggunakan teknologi GPS untuk melacak pergerakan pemain serta teknologi Augmented Reality (AR) untuk menampilkan Pokémon di layar saat menggunakan kamera.

Augmented Reality Bidang Hiburan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »